5 Tanda Mobil Kamu Sudah Saatnya Ganti Oli

Oli adalah cairan penting yang membantu melumasi komponen mesin mobil agar nggak salin bergesekan satu sama lain, sehingga kualitas oli sangat perlu diperhatikan oleh setiap pemilik mobil. Saat ganti oli di bengkel, mekanik akan memberikan catatan pada kilometer berapa atau pada tanggal berapa mobil harus kembali lagi untuk ganti oli, namun terkadang kita sering melupakannya hingga melewati batasan waktu untuk ganti oli.

Tanda-Tanda Ganti Oli Mobil

Nah, jika kamu kelupaan kapan harus ganti oli, kamu bisa cek lima tanda di bawah ini yang menandakan kamu perlu segera ganti oli atau minimal cek oli ke bengkel apakah sudah saatnya ganti atau belum.

1. Lampu indikator menyala
Hal yang paling mudah kita dapati saat ada masalah dalam sistem pelumasan mesin mobil adalah menyalanya lampu indikator oli yang ada di instrument cluster. Penanda ini nggak hanya menandakan bahwa oli sudah saatnya ganti, namun lebih menyeluruh seperti oli habis, tekanan menurun atau kendala lainnya yang berhubungan dengan sistem pelumasan mobil. Jika lampu indikator ini menyala terus bahkan saat mobil dijalankan, maka segeralah cek kondisi oli di dipstick dan konsultasikan ke bengkel terdekat.

2. Asap knalpot berwarna kehitaman
Asap knalpot yang baik setidaknya berwarna putih tipis dan hampir nggak terlihat oleh mata untuk kendaraan berbahan bakar non solar. Nah, jika kamu mendapati warna asap knalpot berwarna kehitaman, sebaiknya kamu perlu curiga bahwa oli menguap dan ikut terbakar di ruang pembakaran, maka kamu perlu untuk cek kondisi oli dan mesin kamu di bengkel terdekat.

3. Suara kasar saat mobil dihidupkan
Kondisi oli yang kurang baik akan membuat oli jadi sulit menempel di komponen mesin, apalagi jika mesin mobil sudah cukup lama nggak dihidupkan. Jika oli kurang melumasi komponen mesin maka yang terjadi adalah suara mesin yang kasar saat pertama kali mobil dihidupkan. Jadi segeralah cek kondisi oli dan ganti oli jika diperlukan.

4. Mesin terasa kurang responsif
Oli memang erat kaitannya dengan performa mesin. Jika oli sudah berkurang performanya maka akan mempengaruhi kondisi mesin saat digunakan. Oli yang sudah saatnya diganti akan menyebabkan tarikan mesin kurang terasa dan mobil terasa lebih berat dari biasanya, sehingga kamu perlu agendakan jadwal ganti oli agar mobil kamu kembali enak lagi tarikannya.

5. Oli sudah berwarna hitam pekat
Kondisi oli mesin mudah dilihat dari luar dengan menggunakan dipstick yang mudah terlihat saat kap mobil dibuka. Cek kondisi oli melalui dipstick di pagi hari saat kamu belum menghidupkan mobil.

Lap dipstick menggunakan tisu atau kain, lalu masukan kembali dipstick ke dalam tempatnya agar oli kembali menempel di dipstcik lalu angkat dan cek apakah oli sudah berwarna sangat hitam atau bahkan jumlah oli sudah mendekati batas bawah petunjuk di dipstick? Jika iya, kamu perlu segera ganti oli agar mesin mobil kembali ke performa terbaiknya.

Mudah bukan, mengetahui tanda-tanda oli yang harus segera diganti? Yuk, sayangi mobilmu dari hal-hal kecil seperti rutin ganti oli sesuai jadwalnya!

Comments