4 Tips untuk yang Ingin Membeli Mobil Pertama Kali

Melihat kondisi transportasi umum yang belum dapat diandalkan di Indonesia, memiliki kendaraan masih diminati, terutama di kalangan anak muda di Indonesia. Memiliki mobil murah semisal harga alphard, selain rumah, dapat menjadi salah satu target yang dikejar ketika orang mulai mendapatkan penghasilan. Selain itu, sering orang juga berpandangan bahwa memiliki mobil adalah simbol keamanan finansial seseorang.

Tips Membeli Mobil Pertama Kali

Sekarang, melalui artikel ini kami akan membagikan tips penting bagi Anda yang akan meminang mobil pertama kali. Hampir pasti akan terjadi kebingungan dalam sejumlah hal terkait, semoga kebingungan ini dapat dijawab melalui artikel ini. Beberapa tips yang bisa kami sampaikan adalah:

1. Ketahui dan Tentukan Kebutuhan Mengemudi Anda
Tidak apa-apa untuk mengikuti tren, tetapi Anda masih harus mengenali dan menentukan kebutuhan Anda. Bagaimana Anda tahu kebutuhan ini? Asumsi pertama yang perlu kita samakan adalah Anda membutuhkan mobil. Setelah itu Anda mencoba melihat diri sendiri dan di sekitar Anda. Apakah Anda lajang atau punya keluarga? Berapa keluarga? Mobil akan sering digunakan untuk kebutuhan di luar kota atau di dalam kota? Apa medan yang harus dilalui mobil Anda setiap hari? Setiap jawaban idealnya menentukan mobil apa yang paling tepat untuk Anda beli untuk memenuhi kebutuhan Anda. Misalnya, Anda masih lajang, tinggal di kota, bidang aspal yang halus, mungkin mobil yang paling tepat yang dapat Anda beli adalah model city car yang rata-rata berukuran kecil saja.

2. Lakukan Penelitian pada Setiap Jenis dan Bandingkan Mobil
Setelah Anda menemukan jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, maka tentukan merek dan varian di Indonesia. Mungkin Anda akan menemukan dua hingga tiga mobil yang kira-kira memenuhi kebutuhan Anda. Lakukan riset sederhana pada setiap mobil dengan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Saat ini mobil sudah memiliki banyak varian karena selalu ada komponen yang bisa dimainkan, mulai dari mesin hingga interior mobil. Peningkatan kualitas dalam satu bagian sudah bisa menjadi varian yang berbeda, dengan harga yang berbeda. Jadi jika perlu, pelajari secara detail apa yang melekat pada mobil prospektif. Setelah itu, bandingkan hasilnya, lihat mana yang paling menguntungkan dari segi fitur atau harga.

3. Jangan Malu Bertanya pada Mereka yang Berpengalaman
Jika Anda seorang pemula, tidak ada salahnya jika Anda datang ke garasi, ruang pamer, atau di mana saja untuk menemukan orang-orang yang berpengalaman dengan mobil, terutama yang berkaitan dengan mesin. Ketika kita melihat fitur yang ditawarkan oleh mobil dengan varian tertentu, jangan langsung tertarik. Coba cari tahu terlebih dahulu apakah fitur tersebut diperlukan atau tidak, jangan sampai tidak diperlukan atau bahkan mengganggu kinerja. Atau apakah fitur tambahan dari harga yang ditawarkan masuk akal atau tidak, dan sebagainya. Ketika Anda bertanya kepada mereka yang berpengalaman, sebisa mungkin pilih orang yang tidak tertarik pada mobil sehingga Anda bisa mendapatkan penilaian dan penjelasan yang objektif. Mereka yang berpengalaman harus memiliki banyak pengetahuan, baik yang dialami sendiri maupun yang dialami oleh rekan-rekan mereka, yang tentunya sangat berguna bagi Anda yang masih pemula.

4. Rencanakan Anggaran Anda
Tidak kalah pentingnya dari semuanya, sebisa mungkin rencanakan anggaran Anda. Membeli mobil seharusnya sudah direncanakan sejak lama, terutama soal dana ini. Anda bisa mendekatinya dari dua sisi. Pertama, berapa anggaran maksimum yang Anda anggarkan, lalu pilih mobil yang kisaran harganya sesuai dengan anggaran yang telah Anda tetapkan.

Comments