Dasar-dasar Tutorial Blog untuk Pemula

Siapa saja bisa membuat blog. Namun, bagi yang belum pernah membuatnya, kalian membutuhkan tutorial blog berikut ini. Pasalnya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pembuatan blog atau website. Di sini, kami akan memberikan panduan dasarnya, termasuk untuk kalian yang masih menjadi pemula dalam dunia blogging.

Tutorial Blog

Menentukan Topik Blog

Sebelum mulai membuat blog, hal pertama yang harus dipikirkan adalah topiknya. Ini merupakan pondasi dasar dalam pembuatan blog. Agar lebih mudah, kalian bisa menggunakan topik yang sesuai dengan minat dan hobimu. Dengan begitu, kalian benar-benar paham tentang konten yang akan dibuat untuk blog atau websitemu. Beberapa contoh topik untuk blog adalah kecantikan, fashion, budaya, musik, seni, hiburan, olahraga, gadget, teknologi, marketing, parenting, kuliner, traveling, dll.

Memilih Platform Blog
Platform blog merupakan media yang digunakan dalam pengelolaan blog, mulai dari posting artikel hingga optimasi website. Ada beberapa pilihan platform blog seperti Blogspot dan WordPress. Banyak orang yang memilih WordPress sebagai platform blog mereka karena mudah digunakan untuk pemula, kualitasnya bagus serta mempunyai komunitas pengguna yang banyak.

Memilih Layanan Hosting
Secara sederhana, hosting bisa diartikan sebagai tempat menyimpan file website seperti konten, teks, gambar, audio, video, tema, & pengaturan. Ada beberapa jenis hosting seperti VPS hosting, cloud hosting, dan shared hosting. Pastikan kalian memilih hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan websitemu.

Menentukan Nama Domain
Langkah selanjutnya dalam tutorial blog adalah menentukan nama domain. Domain sendiri merupakan alamat untuk mengakses website. Beberapa contoh domain yang paling populer adalah .com, .co.id, .id, .net, .org, .info, . xyz, dll. Domain blog harus dibuat dengan hati-hati. Ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan. Pertama, buatlah nama domain yang mudah dieja. Kedua, pilihlah domain yang singkat. Satu lagi, hindari tanda hubung dan angka dalam nama domain blog.

Menginstal WordPress.org

Ini adalah langkah paling penting. Di sini, kami memberikan contoh untuk pembuatan blog dengan platform WordPress.org. Ada beberapa langkah yang perlu kalian lakukan yaitu:

1. Login cPanel
Caranya yaitu masuk ke <http://(namadomainanda)/cpanel>.
2. Buka Softaculous Installer
Klik logo WordPress pada Softaculous Apps Installer.
3. Klik Install Now
Cari tombol “Install Now” dan klik tombol tersebut.
4. Pilih Domain
Di kolom Choose Domain, pilihlah domain anda sedangkan kolom In Directory dikosongkan.
5. Isi Detail Web
Sekarang, silahkan isi detail web yaitu nama dan deskripsi di kolom “Site Name” & “Site Description”.
6. Masukkan Username & Password
Selanjutnya, buatlah username dan juga password yang mana nantinya akan kalian gunakan untuk login ke dashboard.
7. Pilih Tema
Lalu, pilih tema yang kalian inginkan dan klik “Install”.

Selamat, proses pembuatan blog selesai. Kini, kalian sudah memiliki website sendiri dan bisa mulai membuat konten serta mengoptimasikannya.

Mengelola & Mengoptimasi Blog

Setelah blog jadi, yang perlu kalian lakukan adalah mengoptimalkan. Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan dalam upaya optimasi blog, yaitu:

1. Optimasi dasar WordPress
Misalnya adalah membuat contact form, menginstal Yoast SEO, mengubah permalink, dll.
2. Pelajari SEO
Mempelajari SEO sangat penting dalam optimasi web. Kalian bisa kunjungi jokowarinoblog.com.
3. Tingkatkan kecepatan web
Agar pengunjung betah, pastikan kecepatan loading webmu kurang dari 3 detik.
4. Optimasi untuk Mobile
5. Riset keyword
6. Buat konten
7. Promosikan blog
8. Gunakan Google Analytics & Google Search Console
9. Buat backlink

Itulah tutorial blog yang perlu kalian pahami. Kunci utamanya adalah konsistensi karena pembuatan, pengelolaan dan pengoptimasian memerlukan waktu yang panjang.

Comments