Pengertian Dispareunia serta Penanganannya

Pengertian dispareunia atau hubungan seksual yang menyakitkan adalah rasa sakit di area genital yang terjadi terus menerus atau berulang kali setelah hubungan seksual, sedang berhubungan seksual atau akan memulainya. Rasa sakit yang muncul adalah intens, terbakar atau kram mirip menstruasi. Selain vagina, kandung kemih, uretra, dan panggul juga bisa terasa sakit. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari penyakit sampai kondisi psikologis. Akan lebih baik jika kesulitan hubungan seksual segera ditangani, karena hubungan seksual yang buruk pasti merusak kualitas hubungan seksual.

Pengertian Dispareunia
Sumber Foto : thrivetalk.com


Hal yang Menyebabkan Dispareunia


Setelah mengetahui pengertian dispareunia anda juga harus mengerti penyebabnya yang dapat bervariasi dari orang ke orang. Diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk mengetahui apa yang menyebabkan kesulitan dalam hubungan seksual. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kesulitan dispareunia adalah pelumas yang tidak mencukupi. Pelumas yang tidak mencukupi selama hubungan intim dapat disebabkan oleh tidak adanya foreplay atau pemanasan sebelum hubungan intim, penurunan kadar estrogen dalam tubuh yang disebabkan oleh menopause, atau penggunaan obat antihipertensi, obat penenang, antihistamin maupun kontrasepsi.

Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh cedera atau iritasi yang diakibatkan oleh kecelakaan, pembesaran vagina selama operasi atau persalinan pelvis. Peradangan pada vagina dan saluran kemih dapat menyebabkan dispareunia. Selain itu, ada kelainan bawaan, seperti selaput dara tidak ada lubang sama sekali atau vagina yang terbentuk tidak sempurna. Atau kondisi lain, seperti endometriosis, penyakit radang panggul, fibroid, dan kista ovarium. Mungkin juga efek dari operasi atau perawatan, seperti operasi rahim, terapi radiasi atau kemoterapi.

Ada faktor-faktor lain yang dapat mengurangi hasrat seksual dan berpotensi menyebabkan dispareunia, yaitu ketakutan saat berhubungan dengan seks atau stres, gui internal atau rasa malu. Masalah hubungan dengan pasangan atau orang lain dapat mengurangi keinginan seksual. Karena rasa tidak aman tentang penampilan atau kondisi tubuh, kecemasan dan bahkan depresi, hasrat seksual menurun. Saat minum obat, seperti minum pil KB atau memiliki riwayat kriminal atau kekerasan seksual.

Cara Mengobati Dispareunia


Sejalan dengan pengertian dispareunia, untuk mengatasinya pemberian obat atau perawatan dapat digunakan. Konsultasikan dengan dokter lebih lanjut. Dokter akan menentukan metode yang benar dan beradaptasi dengan penyebab yang menyertainya. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati hubungan seksual adalah antibiotik, seperti penisilin atau sefalosporin. Jika penyebabnya adalah infeksi bakteri, gunakan obat ini. Obat antijamur seperti flukonazol atau ketokonazol juga dapat digunakan. Jika penyebabnya adalah infeksi jamur, gunakan obat ini.

Beberapa terapi yang dapat digunakan untuk mengobati dispareunia termasuk terapi kognitif, terapi desensitisasi, dan konseling seksual. Dalam terapi kognitif, pasien akan dibimbing untuk mengubah perilaku negatif dan cara berpikir, yang akan menyebabkan kesulitan hubungan seksual. Terapi desensitisasi bertujuan untuk mengurangi rasa sakit terkait melalui teknik relaksasi vagina. Tujuan dari konseling seksual adalah untuk mengatasi emosi negatif yang dapat menyebabkan dispareunia.

Mencegah Sebelum Terjangkit


Belum terdapat cara untuk mencegah dispareunia secara pasti. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko. Setelah melahirkan, tunggu paling sedikit 6 minggu sebelum Anda dapat melanjutkan kontak seksual. Gunakan pelumas saat vagina Anda kering. Jaga kebersihan alat kelamin. Melakukan hubungan seks yang aman untuk menghindari infeksi menular seksual, seperti menghindari hubungan seksual yang bebas.

Selain itu, lakukan pemanasan beberapa saat sebelum berhubungan seks untuk merangsang pelumas alami. Diskusikan lebih lanjut dengan dokter Anda apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko. Dokter akan menentukan metode yang tepat pada situasi pasien untuk mengurangi resiko dari pengertian dispareunia.

Sumber: halodoc.com

Comments