Hati-Hati! Ini Penyebab Kanker Serviks pada Wanita

Pada tahap awal, kanker serviks tidak memiliki gejala yang terlihat. Gejala justru akan terlihat ketika kanker sudah masuk stadium lanjutan dan harus melakukan pengobatan yang serius. Oleh karena itu, pencegahan sejak dini harus benar-benar dilakukan, salah satunya adalah dengan menghindari penyebab-penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab kanker serviks yang harus diketahui.

Hal yang Menyebabkan Kanker Serviks


Penyebab Kanker Serviks pada Wanita

1. Infeksi virus HPV
Penyebab pertama dari kanker serviks adalah adanya infeksi virus HPV. HPV atau Human Papilloma Virus memiliki berbagai jenis yang bisa mengakibatkan adanya perubahan leher rahim. Hal ini dapat memicu terjadinya kanker serviks. Untuk jenis yang lain, virus ini bisa menyebabkan timbulnya kutil.

2. Memiliki riwayat kanker serviks pada keluarga
Kanker serviks ternyata juga dapat diturunkan ke keturunan berikutnya. Mutasi genetik yang diturunkan akan memicu hingga 10% terjadinya kanker. Oleh karena itu, seseorang yang terkena kanker serviks memiliki kemungkinan akan menurunkan kepada anaknya.

3. Berganti-ganti pasangan seks
Inilah alasan kenapa dalam agama dan hukum tidak diperbolehkan melakukan seks bebas. Sering berganti-ganti pasangan seks dapat menyebabkan terinfeksi virus HPV yang berakhir dengan terkena kanker seviks. Oleh sebab itu, wanita sangat dianjurkan untuk setia pada satu lelaki saja agar hal ini dapat terminimalisasi.

4. Melakukan seks terlalu dini
Selain berganti-ganti pasangan, melakukan seks terlalu dini juga dapat mengakibatkan kanker serviks. Usia yang masih muda organ reproduksinya masih rentan terhadap infeksi virus HPV. Jadi, mereka akan memiliki kemungkinan lebih besar terkena virus tersebut dibandingkan dengan wanita yang sudah dewasa, apalagi jika tidak mendapat vaksin HPV.

5. Merokok
Merokok bukan hanya merusak organ paru-paru saja, tetapi juga bisa mengakibatkan kanker serviks. Orang-orang yang berada di sekeliling perokok aktif pun memiliki risiko yang sama. Zat berbahaya yang terdapat pada rokok akan terserap oleh paru-paru dan dibawa ke seluruh tubuh. Wanita yang perokok memiliki kemungkinan terkena kanker serviks hingga dua kali lipat dibandingkan dengan bukan perokok.

Hal ini disebabkan karena zat berbahaya pada rokok memuat DNA sel serviks menjadi rusak. Akibatnya akan meningkatkan penyebab terjadinya kanker serviks. Selain itu, merokok juga dapat merusak organ lainnya, bahkan sampai ke lemahnya sistem imun tubuh. Tentu saja kondisi ini sangat tidak baik bagi seorang wanita yang sedang hamil.

6. Sistem imun yang lemah
Setiap orang memiliki sistem imun yang bertugas untuk melawan berbagai virus yang mengancam tubuh, salah satunya adalah virus HPV penyebab kanker serviks. Saat sistem imun melemah, maka tubuh akan kekurangan tenaga untuk mengatasi virus HPV. Akibatnya, virus tersebut akan mudah berkembang di dalam tubuh dan jika dibiarkan akan menyebabkan kanker serviks.

Itulah tadi beberapa penyebab kanker serviks yang harus diwaspadai. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, waspadai betul-betul penyebab itu.

Comments